Inspiratif : Akankah Ada Gedung 1.000 di Kota Lain?

Selasa, 13 Agustus 2013 20:59:50 - Oleh : Kecamatan

seribuan

Ketika 1000 rupiah dihimpun dari 2,4 juta orang penduduk Sukabumi, dengan amanah dan semangat kebersamaan melalui lembaga yang amanah maka lahirlah sebuah gedung pelayanan zakat yang monumental, gedung 1000.

Bangunan baru berlantai dua yang kokoh itu memasuki tahap finishingnya. Ia berada di  kompleks Islamic centre kabupaten sukabumi dengan luas bangunan 18 meterx18 meter. Papan nama memang belum dipasang, akan tetapi sebentar lagi orang akan bisa membaca sebuah tulisan “Gedung Seribu, Pusat Pelayanan Zakat Kabupaten Sukabumi”. Sebuah nama yang merefleksikan kerja inspiratif akan proses berdirinya.

Adalah H. Mustofa Kamal R, salah satu penggagas dari gedung inspiratif tersebut. Di telinga Ketua Bazda Kabupaten Sukabumi tersebut selalu terngiang ucapan para ulama  Sukabumi  yang dalam  setiap ceramahnya mendorong  para jamaah untuk menginfakkan 1000 rupiah. “Sebuah angka yang tidak besar, akan tetapi bila dilakukan oleh jamaah yang banyak maka akan terkumpul dana yang tidak sedikit” ungkapnya.

Bagi ayah delapan putra tersebut, wacana dan  harapan  ini  harus  bisa terealisasikan di  kabupaten  yang kental dengan nuansa agamis ini. Untuk  itulah, bersama beberapa alim ulama, dengan koordinasi Badan Amil Zakat Daerah Sukabumi, dibentuklah kepanitiaan      pengumpulan infak yang hasilnya nanti  digunalan untuk pembangunan gedung     pelayanan zakat.

Mustofa yang berobsesi menjadikan Sukabumi miniatur Ekonomi Syariah Indonesia bertekad agar gagasan ini bisa terwujud. Dia berasumsi, jika 2,4 juta orang penduduk Sukabumi mampu berinfak Rp 1000, maka   dapat   terkumpul dana Rp 2,4 miliar. Sebuah angka yang cukup untuk membangun sebuah gedung, tanpa bantuan APBD. Untuk  itu tidak cukup menggandeng para  ulama, Mustofa bersama tim juga meminta  restu dan dukungan kepada bupati untuk mesosialisasikan program tersebut.

Selanjutnya, disusunlah mekanismenya. Salah satunya dengan mencetak 500 ribu kupon   untuk 5000 masjid yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi. Kupon seribu didistribusikan pertama kali awal  Ramadhan 1430 H. Tercatat telah 4 kali periode Ramadhan, program ini dijalankan. Hasilnya, terkumpullah infak sekitar Rp 2,4 miliar yang akhirnya digunakan untuk pembangunan gedung pelayanan.

Setelah hampir setahun proses pembangunannya, gedung dua lantai tersebut siap digunakan. Inilah sebuah prasasti yang cukup monumental, bagaimana kekuatan sebuah jamaah bersatu. Dengan kerja amanah dan profesional sebuah lembaga amil zakat mampu mendirikan gedung senilai Rp 2,4 miliar. Sebuah kerja yang patut menjadi inspirasi bagi kita semua.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak