UPACARA 17 AN SEPTEMBER AMANAT HARI BATIK

Senin, 17 September 2018 08:36:30 - Oleh : SEKRETARIAT

Evaluasi PISEW penyerahan bansos

Lomba MTQ Tingkat SD se Kecamatan Girimulyo

TRIONO SEDA DILANTIK

UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA

PENGISIAN PERANGKAT DESA GIRIPURWO

Uapacara 17 an yang rutin dilaksanakan di Kecamatan Girimulyo untuk hari senin 17 September 2018, upacara yang semula didepan pendopo kecamatan untuk saat ini dan pertama kali dimulai halaman kantor kecamatan girimulyo dalam suasana baru, sebagai petugas upacara Karyawan-karyawati puskesmas Girimulyo II dan untuk peserta upacara dari berbagai unsure yang diantaranya ASN, TNI, Polri, Pamong Desa, Siswa/siswi.

Dalam amanat upacara dibacakan sambutan bupati Kulon Progo dr. Hasto Wardoyo,S.PoG (K) oleh camat Girimulyo (Purwono,S.Sos) terkait hari batik nasional bahwa pada tanggal 2 Oktober 2009 UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya yang harus dilestarikan, sejak saat itu setiap Tanggal 2 Oktober Kita memperingati “Hari Batik Nasinonal”.

Kesenian batik secara umum meluas diseluruh wilayah Indonesia dan secara khusus di pulau jawa setelah abad ke-18 awal abad ke – 19.

“Gebyar Batik  Kulon Progo 2018” yang diikuti 75 stand dari Kabupaten/Kota di DIY. Kegiatan ini sebagai rangkaian dari cara “ Jogja International Batik Binenalle 2018”  yang di gelar setiap 2 tahun sekali di DIY, dengan diisi pertunjukan fashion show berbusana batik. Yogyakarta ditetapkan sebagai Kota Batik Dunia oleh World Craff Council (WCC) pada tahun 2014, oleh karena itu, kita harus menjaga eksitensi dan kelestarian batik agar predikat “ Yogyakarta sebagai kota batik dunia” dapat terus dipertahankan.

Motif Batik Geblek Renteng telah menjadi cirri khas Batik Kulon Progo, sebagai anak-anak bangsa untuk mempertahankan warisan leluhur. 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak