SENDRA TARI SUGRIWO SUBALI

Pentas sendratari Sugriwo Subali sabtu 24 Nov’18 di Kiskendo, didahului dengan laporan penyelenggara Kepala Dinas Pariwisata Kab KP Dra. Niken Probo Laras,S.Sos, MH yg menyampaikan bahwa pentas sendratari merupakan bagian promosi destinasi wisata di Kulon Progo, dilaksanakan berbagai lomba yang bertujuan untuk mengaktualisasi  pariwisata dan promosi wisata Kulon Progo, penyerahan hadiah pemenang lomba foto Nglinggo uniqly, soft launching gending bela beli Kulon Progo

Hadir di acara tersebut mantan Menaker Erman Suparno, Pejabat-pejabat  dari Pemerintah DIY, Bupati & Wabup Kulon Progo segenap unsur Forkompinda, Kepala OPD KP, Dirut Badan Otorita Borobudur, bintang tamu Tere angkringan ...

Dinas Pariwisata Kulon Progo tampilkan Sugriwo Subali.

Girimulyo  -- Sendratari Sugriwo Subali yang di gelar di pelataran Gua Kiskendo Jatimulyo Girimulyo Kulon Progo, Sabtu 24 November 2018, memukau penonton lebih dari seribu orang menyaksikan sendratari suguhan Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, dikatakan Niken Probolaras Kepala Dinas Pariwisata  Kulon Progo.

" biasanya pentas budaya yang digelar di obyek wisata hanya ditampilkan dalam bentuk biasa sesuai pakem, kali ini sendratari Sugriwo Subali ditampilkan dengan komunikatif bersama wisatawan dan sejumlah warga Kulonprogo yang datang di lokasi kegiatan, diklaim sebagai wujud konsep atraksi budaya yang berbasis budaya."

Niken berharap, langkah besar ini tidak hanya berhenti pada sendratari yang selesai saat ini, tetapi tetap akan dilanjutkan oleh karang taruna desa setempat. 

Wisata ini bisa menjadi paket dalam bentu ’kalender of event’ bagi wisata Goa Kiskendo.

Sementara Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo mengapresiasi dan mendukung langkah yang diambil oleh Dinas Pariwisata yang telah menyelenggarakan event sendratari tersebut. Selain itu, kepada masyarakat di sekitar Goa Kiskendo maupun masyarakat Kecamatan Girimulyo, yang senantiasa berupaya memajukan wilayah dan melestarikan budaya setempat, sendratari Sugriwa Subali harus ditampilkan dengan kreatif, atraktif dan komunikatif. Kalau ingin menjadi destinasi wisata, pengelola juga harus bisa menghadirkan tradisi budaya.

Direktur Utama Badan Otorita Borobudur, Indah Juanita Sendratari Sugriwo Subali bagus luar biasa tetap didukung kedepannya.

"Sebuah kehormatan bagi saya dii sini saya berperan sebagai pendamping Dewi Tara," ujarnya semringah.  ( yah )