Gertam “Gerakan Menanam Buah”

Girimulyo, 28 Desember 2021 Panewu Girimulyo “Endah Wulandari,SSTP,.M.M” Menanam Pohon Durian Jenis Bawor di Kelampok Tani Banjar Mulyo Banjaran Girimulyo Sebagai Simbolis dalam rangka GerTam “Gerakan Menanam Buah” Gerakan ini dilaksanakan serentak diseluruh Kapanewon Tingkat Kabupaten Kulon Progo.

Gertam di  Kelampok Tani Banjar Mulyo Banjaran Girimulyo  Kapanewon Girimulyo  penenaman pohon durian diawali oleh Panewu Girimulyo diikuti oleh Forkompimkap dan Lurah Giripurwo “Mardi Santosa”, selanjutnya penamanam pohon ditaman oleh masing-masing anggota kelompok tani  yang diantarannnya Kelompok Tani Banjar Mulyo, Agung Rejeki dan Kelompok Manunggal Karya dilahan masing-masing.

Hal tersebut sebagai pemanfaatan pekarangan dan tegalan (Lahan Kering) yang Sehat Indah dan Produktif dalam penyiapan ketersediaan pangan Dari Luas Baku 5.456 Ha. Terdiri lahan basah/sawah : 10 % lahan kering  85%. Dengan Tema yang diambil dalam pencanangan  ‘GerTam” adalah “Dengan Semangat GerTam Kita Wujudkan Kemandirian Pangan di Kulon Progo sejalan dengan Bela an Beli Kulon Progo dan berharap seluruh komponen masyarakat untuk mengembangkan tanaman buah disetiap jengkal tanah sebagai sumber karbohidrat, protein dan vitamin yang beragam, bergisi seimbang dan aman.

Disela penanaman pohon tanya jawab antara petani dengan penyuluh terkait dengan perawatan dan penangganan hama tanaman. Rasa kebersamaan masyarakat dan pemerintah sangat terasa dalam diskusi dan pelaksanaan penenaman pohon.

Sambutan Panewu Girimulyo berharap empat atau lima tahun yang akan datang Kapanewon Girimulyo sebagai tujuan wisata argo buah karena terdukung adanya kelompok tani dan obyek wisata embung mini kleco.

https://girimulyo.kulonprogokab.go.id/files/file_uploads/b167a32c89089bfdd5e68fff439073a4.gif