TAPEM SRAWUNG

Jatimulyo Jumat, 7 Desember 2022 Kunjungan Tapem Diy di Eko Wisata Sungai Mudal Jatimulyo Girimulyo dalam rangka Tata Pemerintahan DIY Srawung ke Kapanewon Girimulyo yang dilaksanakan secara lesehan di Camping Ground Eko Wisata Sungai Mudal dihadiri langsung oleh KPH.Yudhanegara,Ph.D beserta Istri Gusti Kangjeng Raden Bendoro, untuk penyampaian beberapa aspirasi dari bapak Lurah yang hadir baik Lurah dari Kapanewon Girimulyo maupun Lurah dari Kapanewon Kokap, dan dari tamu undangan yang hadir, hal yang disampaikan diantaranya keterkaitan dengan kepariwisataan, sapras jalan yang menuju akses wisata dan penunjang lain dalam rangka pengembangan wisata dan keterkaitan dengan budaya, disampaikan pula oleh KPH.Yudhanegara,Ph.D bahwa lurah wajib paham Peraturan Gubernur 2, Peraturan Gubernur 85, Peraturan Gubernur 100, dan 4 hal pengunaan danais yaitu Budaya, Tataruang, Kelembagaan dan Pertanahan, Setiap desa wajib nempunyai Ripardes “rencana pariwisata desa”. Adapun Pokdarwis 1 Kalurahan 1 Pokdarwis yang dibawah sebagai pengelola wisata. Disampaikan pula oleh Kepala Dinas Pariwisata DIY (Singgih Raharjo,SH.M.Ed) Air sungai mudal termasuk air suci bagi umat Budha karena disetiap perayaan waisak umat Budha di Jatimulyo mengambil air untuk dibawa ke Candi Borobudur. Peningkatan kuslitas pariwisata diharapkan bisa masuk di PUTRI "Perhimpunan Pariwisata republik Indonesia" hal tersebut disampaikan oleh Gusti Kangjeng Raden Bendoro.

Dari Dinas pariwisata Banya obyek wisata yang bisa di komersiL Kabupaten Kulon Progo, Jatimulyo desa wisata berkelanjutan Dan desa berpresasi.

Tapem srawung untuk bisa memecahkan masalah, memberikan saran atas permasalahan yang terjadi langsung oleh Kanjeng Yudhanegara,Ph.D maupun Kepala Dinas DIY terkait.

Hadir dalam acara.

Tapem Srawung

  1. KPH. Yudanegara, Ph.D ( Kepala Bagian Bina Pemerintahan Kalurahan/Kelurahan dan Kapanewon/Kemantren, Biro Tata Pemerintahan setda DIY )
  2. GKR. Bendara ( Keraton )
  3. Dr. Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si ( Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY )
  4. Singgih Raharjo, SH. M.Ed ( Kepala Dinas Pariwisata DIY )
  5. Ir. Sugeng Purwanto, M.M.A ( Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY )
  6. Aria Nugrahadi ST, M.Eng. ( Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY )
  7. Bapak Ariyadi ( Kepala Dinas PMD PPKBP3A kabupaten Kulon Progo )

Dari Kapanewon Girimlyo

Panewu Girimulyo Endah Wulandari,SSTP,M.M. didampinggi oleh Kawat Praja Dwi Riyantiningrum,S.Sos, Kawat Kemakmuran Marga Subekti,S.IP , Kawat Keamanan Sapto Iswandono,S.E

Tidak ketinggalan hadir pula Panewu Kokap beserta Lurah dan ketua BPK.

 

https://girimulyo.kulonprogokab.go.id/files/file_uploads/d7e6aa1ed7a92b49b5e6e70e53367a41.gif