TP PKK KAPANEWON GIRIMULYO RAIH JUARA 3 DALAM LOMBA CIPTA MENU 2022

Tim Penggerak PKK Kapanewon Girimulyo yang diwakili Tim Penggerak Kalurahan Purwosari pada Selasa 21 Juni 2022 mengikuti Lomba Cipta Menu yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kulon Progo. Lomba diikuti oleh 12 peserta dari Tim Penggerak PKK tingkat  kapanewon. Peserta lomba menyajikan menu makanan dalam bentuk display. Menu yang disajikan adalah menu beragam, bergizi seimbang, dan aman berbasis sumber daya lokal yang dapat diterapkan sebagai menu keluarga sehari-hari.

 

Tema pelaksanaan lomba cipta menu tingkat kabupaten ini mengangkat kembali citra makanan khas daerah, maka dipandang perlu untuk mengembangkan menu B2SA (Beragam Bergizi Seimbang dan Aman) - juga Halal - yang berbasis pada kearifan lokal, dimana menu yang diciptakan dengan memodifikasi/menggunakan resep makanan khas daerah, yakni menu utama yang terdiri dari sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang disesuaikan dengan prinsip beragam, bergizi seimbang, dan aman. Adapun pangan sumber karbohidrat tetap menggunakan pangan lokal selain beras dan terigu untuk mengurangi ketergantungan terhadap beras sebagai pangan pokok dan mendorong penggunaan pangan lokal seperti jagung, sorghum, jawawut, singkong, ubi jalar, sagu, garut, ganyong, sukun, pisang, gembili, bontik/kimpul, uwi, gadung dan sejenisnya dengan tetap memperhatikan prinsip B2SA.

Tujuan diselenggarakannya Lomba Cipta Menu B2SA Berbasis Makanan Khas Daerah adalah untuk Mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat pada umumnya dan ibu rumah tangga khususnya dalam memilih, menentukan, menyusun, dan menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal dengan pangan sumber karbohidrat selain beras dan terigu .

Hasil Lomba Cipta Menu tahun 2022 sebagai berikut:

  • Juara I diraih oleh TP PKK Kapanewon Sentolo
  • Juara II diraih TP PKK KapanewonTemon
  • Juara III diraih TP PKK Kapanewon Girimulyo;
  • Juara Harapan I diraih TP PKK Kalibawang;
  • Juara Harapan II diraih TP PKK Kokap.

lomba cipta menu

Peserta dengan Penilaian Juara I Lomba Cipta Menu B2SA Berbasis Makanan Khas Daerah nantinya akan mewakili Kabupaten Kulon Progo untuk mengikuti Lomba Cipta Menu Tk. DI Yogyakarta .sp