Penilaian Pekerja Sosial Tingkat DIY di Girimulyo

 

Girimulyo, 05 juli 2022 kedatangan kunjungan lapangan tim seleksi potensi dan sumber kesejahteraan sosial (PSKS) tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tim ini disambut oleh bapak Bupati Kulon Progo yang diwakili bapak Drs. Yohanes Irianto, Msi (Kadis Sosial Kp), Panewu Girimulyo Endah Wulandari SSTP, MM, Kapolsek Girimulyo, Lurah Jatimulyo Anom Sucondro,Ketua Forum PSKS kab. Kulon Progo, IPSM ( Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat) serta pekerja sosial yang ada di Jatimulyo.

Kunjungan ini berdasarkan hasil prestasi yang telah di presentasikan oleh putri daerah jatimulyo Rizka Maya Ulfa Fitriatun Spd sebagai Pekerja sosial masyarat pada waktu yang lalu di Dinas Sosial DIY.

Dalam Sambutan Bupati Kulonprogo yang dibacakan oleh Bapak Drs. Yohanes Irianto Msi menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada tim yang berkenan hadir di Kulonprogo, semoga mendapatkan Kesan yang baik selama berada di kulonprogo dan dapat menjalankan tugas penilaian dengan sebaik-baiknya. Masalah Kesejahteraan sosial merupakan masalah multi dimensi yang menyangkut pemenuhan kebutuhan maerial, spiritual dan sosial, sehingga untuk menanganinya diperlukan sinergitas diantara pelaku penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Pilar - pilar sosial berasal dari unsur-unsur pekerja sosial Masyarakat ( PSM), Tenaga Kesejahteraan Sosial (TKSK), Karang Taruna (KT), Organisasi sosial/ lembaga kesejahteraan sosial (Orsos/LKS) dan wahana Kesjahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM), yang merupakan pelaku penyelenggaraan kesejahteraan sosisal. PSM adalah warga masyarakat yang atas dasar rasa kesadaran dan tanggung jawab serta didorong oleh rasa kebersamaan, kekeluargaan dan kesetiakawanan sosial secara sukarela mengabdi untuk pemerintah dan masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang sesuai dengan peraturan menteri sosial nomor 10 tahun 2019 tentang pekerja sosial.

Maksud dari kunjungan lapangan yang disampaikan Bapak Untung Sukaryadi MM sebagai ketua tim adalah Membuktikan apa yang sudah di presentasikan Rizka Maya Ulfa Fitriatun Spd sebagai Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) kala itu di Dinas Sosial DIY benar atau tidaknya. “Salah adalah manusiawi bijaksana adalah pilihan, pinter karena belajar. Jangan Sampai stres karena tidak juara tetapi setreslah karena tidak bisa melayani masyarat”

Point Poin Kegiatan Pekerja Soaial Masyarakat yang disampaikan oleh Rizka Maya Ulfa Fitriatun Spd:

  1. Membantu Kegiatan pengolahan Desa Wisata Jaimulyo
  2. Membantu Pemasaran UMKM (kuliner) dawet sambel melalui Desa wisata Jati,ulyo
  3. Membatu kegiatan Konservasi burung di Jatimulyo
  4. Membantu kegiatan belajar sebagai relawan pendidikan anak
  5. Membantu pendampingan keluarga kurang mampu
  6. Membantu kegiatan KWT dan mengembangkan pasar tani
  7. Membantu penyaluran bantuan bersama pemerintah kalurahan Jatimulyo
  8. Ikut serta dalam kegiatan sosial (pemulasaran jenazah) dilingkungan bersama kaum rois
  9. Ikut serta dalam Kegiatan SAR DIY Unit Jatimulyo

 Kesan dan pesan tim :

Kesan : Apa yang di paparkan Rizka Maya Ulfa Fitriatun Spd, itu nyata adanya dan kita berharap mendapatkan hasil yang terbaik dari yang terbaik

Pesan : Kejuaraan adalah menentukan angka tetepi pengabdian seorang PSM itu tidak terbatas oleh angka, tetaplah berjuang apalah yang bisa diperjuangkan di masyarakat yang bertujuannya adalah untuk menjadikan masyarkat lebih sejahtera lagi.

Panewu Girimulyo Endah Wulandari SSTP,. MM menyampaikan ucapan terima kasih kepada telah berkunjung ke Kulonprogo dan semoga Rizka Maya Ulfa Fitriatun Spd menjadi yang terbaik dari yang terbaik.